Duta Damai Indonesia Anti Radikalisme dan Terorisme

, / 165

Pembakaran Polres Dharmasraya, Modus Baru Terorisme Indonesia

SHARE

Jakarta- Insiden penyerangan dan pembakaran terhadap Markas Polres Dharmasraya di Sumatera Barat (Sumbar) merupakan modus baru dalam dunia terorisme di Indonesia. Kedua pelaku yang diduga sebagai teroris itu disinyalir sudah merancang matang dengan mengambil momen sepi dini hari, lalu membakar kantor polisi atau polres.
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane dalam siaran persnya yang diterima ‘Damailahindonesiaku.com’ mengatakan, selama ini aksi penyerangan teroris terhadap institusi polri lebih kepada anggota kepolisian. Ada yang ditembak atau dibacok atau terkena ledakan bom teroris.
“Kalaupun ada fasilitas polri yang diserang lebih kepada aksi penembakan dari jarak jauh. Namun, dalam kasus Polres Dharmasraya, teroris nekat melakukan aksi pembakaran. Artinya, para teroris Indonesia semakin berani melakukan perang terbuka dan perang jarak dekat dgn anggota kepolisian,” kata Neta S Pane, Senin (13/11/2017).
Menurutnya, bagaimana pun sikap nekat para teroris ini patut dicermati dan diwaspadai segenap jajaran polri agar anggotanya maupun fasilitasnya tidak terus-menerus menjadi bulan-bulanan teroris. Perang terbuka dan perang jarak dekat yang dilakukan teroris kepada jajaran kepolisian belakangan ini kerap terjadi. Setelah serangan bom di Kampung Melayu yang menewaskan sejumlah polisi, para teroris melakukan serangan ke Polda Sumatera Utara yang menyebabkan satu polisi tewas.
Kasus di Polres Dharmasraya hampir sama dengan kasus penyerangan di Polda Sumut. Teroris melakukan serangan menjelang pagi. Di Polda Sumut, teroris menikam polisi sampai mati, tetapi di Dharmasraya teroris membakar kantor polisi. Dari kasus ini, ada dua yang harus menjadi perhatian Polri agar bisa mempersempit ruang gerak teroris.
“Dalam kasus Dharmasraya dan Polda Sumut menunjukkan, jajaran kepolisian tidak boleh lengah, terutama saat tengah malam dan

Baca Artikelnya di web ini : https://damailahindonesiaku.com