Duta Damai Indonesia Anti Radikalisme dan Terorisme

Jakarta –  Menangani kasus terorisme bukanlah persoalan mudah, namun masyarakat memiliki harapan yang tinggi agar penanggulangan terorisme tetap menjunjung tinggi keadilan. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai leading sector penanggulangan terorisme di indonesia telah menggunakan pendekatan komprehensif dalam menangani permasalahan terorisme. Pendekatan yamg dilakuakn BNPT yakni melakukan perpaduan pendekatan keras (hard approach) dan pendekatan lunak (soft approach).
Dalam menjalankan pendekatan lunak ini, BNPT menggunakan dua strategi, yakni kontra radikalisasi dan strategi deradikalisasi. Demikian dikatakan Sekretaris Utama (Sestama) BNPT, Marsma TNI Dr. Asep Adang Supriyadi, ST, MM, dalam sambutannya saat membuka Rapar Koordinasi (Rakor) Pengolahan Data Identifikasi dan Persiapan Rehabilitasi Narapidana Tindak Pidana Terorisme di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara tahun 2018 di Jakarta, Selasa (15/5/2018).
“Kontra radikalisasi yakni upaya pencegahan dan penangkalan ideologi radikal bagi masyarakat yang belum terpapar paham radikal. Lalu deradikalisasi yakni upaya transformasi dari keyakinan atau ideologi radikal menjadi tidak radikal dengan pendekatan multi dan interdisipliner (agama, sosial, budaya dan lainnya) kepada sasaran individu dan kelompok yang sudah terpapar paham ideologi radikal,” ujar Marsma TNI Asep Adang Supriyadi.
Lebih lanjut mantan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma ini menjelaskan, kegiatan rakor ini merupakan persiapan tahapan rehabilitasi setelah dilakukan identifikasi. Yang mana rehabilitasi merupakan intervensi awal yang diberikan kepada narapidana tindak pidana terorisme selama menjalani masa hukuman dan pembinaan di dalam lembaga pemasyarakatan.
“Program rehabilitasi merupakan kegiatan pembinaan yang disusun secara terstruktur dan terukur. Terstruktur artinya setiap kegiatan dalam program ini mempunyai tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai sesuatu yang diharapkan. Terukur artinya setiap kegiatan dalam program ini memiliki indikator-indikator yang jelas dalam

Baca Artikelnya di web ini : https://damailahindonesiaku.com