Duta Damai Indonesia Anti Radikalisme dan Terorisme

, / 80

Keren! ‘Pasukan’ Duta Damai Bandung Hasilkan 5 Website Dalam …

SHARE


BANDUNG, aku.dutadamai.id – Pelatihan Duta Damai Dunia Maya Jawa Barat 2017 berhasil mendeklarasikan 60 agen perdamaian dan 5 website baru yang siap menebar virus perdamaian di dunia maya. Media ini terintegrasi dengan semua jaringan Pusat Media Damai yang diluncurkan BNPT. Uniknya, para Duta Damai berhasil membuat 5 website ini hanya dalam 1 hari.


Ialah aku.dutadamai.id, bhineka.dutadamai.id, saung.dutadamai.id, cahaya.dutadamai.id, dan hanjuang.dutadamai.id. Kelimanya sudah dipresentasikan di hadapan Kepala BNPT beserta jajarannya, bertepatan dengan penutupan rangkaian acara Pelatihan Duta Damai, Kamis (13/4/2017), di Hotel Four Points Bandung, Jl. Ir. Juanda No. 46 Bandung.

Kepala BNPT, Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., sangat mengapresiasi karya para Duta Damai. Dalam sambutannya, ia berharap media ini menjadi sumber konten-konten positif yang akan memerangi radikalisme dan terorisme di dunia maya.

Duta Damai yang dibagi dalam 5 kelompok itu ditantang membuat masing-masing 1 website. Setelah diberi pembekalan materi selama dua hari, waktu efektif yang diberikan untuk merampungkan web hanya 1 hari, pada Rabu pagi hingga malam. Namun, demi memberikan hasil terbaik, para duta rela begadang bahkan banyak yang tidak tidur semalaman.

“Aku belum tidur sama sekali. Nggak kuat ini sekarang ngantuk banget.” Kata salah satu peserta, Dhiya.

Mekanisme pembuatan website ini dengan membagi jobdesk sesuai struktur tim redaksi. Setiap kelompok atau tim redaksi terdiri dari 12 orang, terbagi menjadi tim DKV, penulis/blogger, dan IT. Dipimpin serorang Pemimpin Redaksi, dibantu sekretaris dan bendahara.

Semua bekerjasama untuk membuat nama website, konsep website, logo website, konten tulisan, konten multimedia, developing website, hingga akun berbagai akun sosial media. Setiap kelompok juga diwajibkan membuat bahan presentasi hasil karyanya, yang dipaparkan persis sebelum pengukuhan Duta Damai, di depan jajaran pejabat BNPT dan semua Duta Damai.

 

Penulis: Dhilla

Editor: Damae


Artikel ini dipersembahkan oleh : Berita Duta Damai