Duta Damai Indonesia Anti Radikalisme dan Terorisme

Sentul – Sebanyak 11 orang Perwira Siswa (Pasis) Sesko TNI melakukan kunjungan lapangan ke kantor BNPT Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang berada di komplek Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Sentul, Kab. Bogor, pada Jumat (08/09/17).
Kunjungan Pasis Sesko TNI ini sebagai upaya untuk mengembangkan wawasan mengenai keberadaan BNPT sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang bertugas menyusun kebijakan strategis dan pengkoordinasian dalam rangka penanggulangan terorisme di Indonesia
Kedatangan para Pasis Sesko TNI ini diterima oleh Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT, Brigjen Pol. Drs. Fachrudin, SH., di Ruang Rapat Utama BNPT. Dalam paparannya pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kirminal Polda Jabar ini menjelaskan mengenai tugas pokok, fungsi dan peran BNPT dalam penanggulangan terorisme.
“Dimana BNPT ini sendiri didiriakan berdasarkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2010. Sebelumnya lembaga ini adalah Desk Koordinasi Pemberantasan Terorisme (DKPT) yang berada dibawah Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan,” ujar Brigjen Pol. Fachrudin.
Mantan Kasubden Bantuan Densus 88/Anti Teror Polri ini juga mengatakan bahwa seluruh pejabat dan pegawai BNPT tidak hanya berasal dari satu instansi saja. “Tetapi juga berasal dari berbagai instansi yaitu TNI, Polri dan juga PNS dari sejumlah kementerian/lembaga pemerintahan lainnya,” ujarnya.

 
Dalam kesempatan tersebut mantan Kepala Detasemen C/Pelopor, Sat Brimob Polda Metro Jaya ini juga memeparkan mengenai strategi pencegahan, penanggulangan tindakan terorisme dan radikalisme di Indonesia. Dimana menurutnya, strategi penanggulangan terorisme di Indonesia adalah strategi dengan cara penindakan, kontra radikalisasi dan deradikalisasi..
“Garis besarnya terdiri dari tiga bagian yakni bagian pertama adalah penindakan, kedua adalah kegiatan kontra radikal dan bagian ketiga adalah deradikalisasi. Konsep inilah yang kemudian

Baca Artikelnya di web ini : https://damailahindonesiaku.com